Wednesday, October 1, 2014

Sukses install phpunit untuk yii versi sayah lho!

Pengalaman saya saat mencoba instalasi phpunit untuk automated test projeck yii yang saya kerjakan selalu saja dapat error: 

PHP Fatal error:  Class 'WebTestCase' not found in /path/bla/bla/bla.php on line 4

Mulai dari download .phar langsung, pake PEAR, dan composer, hasilnya tetep saja nihil. 3 jam lebih berlalu mulau frustasi, langsung saja saya berdiri trus maenin maenan ini sebentar, habis itu lanjut lagi perburuan, dan alhamdulillah sampai pada cara yang akan saya sebutkan dibawah ini, it works!.


Sebenarnya caranya simple, cuma install lewat PEAR, PEAR harus sesuai dengan versi php yang aktif, dan gunakan phpunit versi 3.7.7 (ini yang versi recomended), kalo versi terbaru memang tidak bisa, mungkin dari developer yii belum update (atau saya yang gak update).

oke pertama saya cek dulu versi php yang ada di laptop saya

$ ls /usr/local/Cellar/php55 5.5.10 5.5.11 5.5.12 5.5.13 5.5.16

cek versi php yang aktif

$ php -i | grep "PHP Version"
PHP Version => 5.5.16


selanjutnya:
$ cd /usr/local/Cellar/php55/5.5.16/bin
$ ls
dbunit pear peardev pecl phar phar.phar php php-cgi php-config phpize


oke, bagus sampe saat ini. saya punya pear. jadi selanjutnya tinggal install phpunit dengan pear versi php  5.5.16

sebelumnya, saya uninstall semua phpunit dan dependensi-nya yang telah terinstall sebelumnya saat trial & error.

selanjutnya, saya langsung install phpunit versi 3.7.7 beserta dependensi-nya

$ sudo ./pear install phpunit/PHPUnit-3.7.7
$ sudo ./pear install phpunit/PHPUnit_Selenium
$ sudo ./pear install phpunit/PHP_Invoker
$ sudo ./pear install phpunit/PHPUnit_Story
$ sudo ./pear install phpunit/DbUnit

and tara.. Alhamdulillah, it working fine for me!

No comments:

Post a Comment

Komentar anda bila perlu penjelasan (semampu saya tentunya)

silahkan login dulu atau follow blog ini untuk bisa mengisi komentar