Tuesday, March 15, 2016

Apa itu Gearman?

Apabila anda pernah belanja secara online, pasti anda pernah mendapat email secara otomatis dari toko online yang anda beli sesaat setelah anda mendaftar. Dan apabila anda seorang developer yang membuat toko online tersebut, kira-kira bagaimanakah alurnya sebuah email bisa terkirim kepada customer sesaat setelah dia mendaftar?

Tentunya hal ini adalah sangat mudah dan simple bukan. Pengiriman email akan dilakukan sesaat setelah data customer berhasil dimasukan ke dalam database. Namun, tidak berhenti sampai disini, coba anda bayangkan apabila email yang akan dikirim itu memiliki attachment/ file yang besarnya 10 mega!. Maka customer akan melihat beberapa saat browser mereka loading karena besarnya ukuran email yang akan dikirim. 


Mungkin sekilas loading tersebut bukanlah masalah besar, namun bagaimana bila yang mendaftar ratusan orang atau lebih? Tentu akan membebani server karena banyaknya request dengan memiliki ukuran data yang besar, bisa jadi server down dan itu berdampak terhadap eksistensi toko online tersebut. Disinilah Gearman bisa dijadikan sebagai solusi.

Secara ringkas Gearman berfungsi sebagai aplikasi yang dapat membantu menjalankan process dari mesin yang berbeda, pada contoh kasus diatas, developer bisa menggunakan Gearman untuk memproses email-email yang berukuran besar tadi secara background. Sehingga proses pengiriman email tersebut akan dijalankan di mesin/server yang berbeda dengan server website sehingga server website sehingga bebannya terkurangi. Misal server website menggunakan nginx di mesin/komputer A, maka proses email akan dilakukan di mesin B oleh Gearman.

Sampai disini semoga kata-kata saya mudah dipahami.

Insya allah artikel ini bersambung, jadi rajin-rajin untuk mengecek ya! :)

No comments:

Post a Comment

Komentar anda bila perlu penjelasan (semampu saya tentunya)

silahkan login dulu atau follow blog ini untuk bisa mengisi komentar